ILMU-ILMU BAGIAN DARI ANTROPOLOGI



1.    Paleo-antropologi             antropogi fisik dalam arti luas
2.    Antropologi fisik             
3.    Etnolinguistik                     antropologi budaya
4.    Prehistori
5.    Etnologi

PALEO-ANTROPOLOGI : Ilmu bagian yang meneliti saol asal-usul atau soal terjadinya dan evolusi makhluk manusia dengan mempergunakan sebagai bahan penelitian sisa-sisa tubuh yang telah membantu atau fosil-fosil manusia dari zaman dahulu, yang tersimpan dalam lapisan-lapisan bumi yang harus didapat oleh si peneliti dengan berbagai metode penggalian.

ANTROPOLOGI FISIK : Bagian dari ilmu antropologi yang mencoba mencapai suatu pengertian tentang sejarah terjadinya aneka warna makhluk manusia dipandang dari sudut dan ciri-ciri tubuh, baik yang lahir (fenotipik) seperti warna kulit, warna dan bentuk rambut indeks tengkorak, bentuk muka, warna mata, bentuk hidung, tinggi dan bentuk tubuh, maupun yang dalam (genotip), seperti frekuensi golongan darah dan sebagainya.

ETNOLINGUISTIK/ANTROPOLOGI LINGUISTIK : Suatu ilmu bagian yang pada asal mulanya bersangkutan erat dengan ilmu antropolgi.

PREHISTORI : Mempelajari sejarah perkembangan dan penyebaran semua kebudayaan manusia dibumi dalam zaman sebelum manusia mengenal huruf.

ETNOLOGI : Ilmu bagian yang mencoba mencapai pengertian mengenai azas-azas manusia, dengan mempelajari kebudayaan-kebudayaan dalam kehidupan masyarakat dari sebanyak mungkin suku bangsa yang tersebar diseluruh muka bumi pada masa sekarang ini.

          Amerika aadalah Negara yang mempunyai lembaga, organisasi dan perkumpulan antropologi terbanyak. Tiga yang paling penting diantaranya adalah :
1.    American Anthropologicsl Association
Perkumpulan ini mengadakan kongres setiap tahun, dimana para sarjan Amerika dapat mengumpulkan dan saling mendiskusikan hasil penelitian mereka masing-masing. Selain itu, perkumpulan ini menerbitkan sebuah majalah ilmiah yang merupakan salah satu dari tiga majalah antropologi terpenting didunia, yaitu majalah American Antropologist.
2.    Perkumpulan lain yang terpenting adalah American Association of Physical Anthropology, yang memelihara aktivitas penelitian antropologi-fisik di Amerika, antara lain dengan menerbitkan majalah ilmiah American Journal of Physical Anthropology.
3.    Universitas Yale di kota New Haven mempunyai suatu lembaga bernama Institute of Human Relations. Lembaga ini menjalankan suatu pekerjaan yang sangat penting, yaitu penyusunan dan pemeliharaan suatu sistem kartu besar yang memuat data serta bahan keterangan etnografis tentang sebanyak mungkin kebudayaan yang terbesar diseluruh dunia. System kartu yang mulai disusun tahun 1937 itu bernama Human Relations Area Files dan sekarang sudah memuat bahan tentang lebih dari 600 macam kebudayaan dari berbagai tempat dimuka bumi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peradaban Unggul Islam

ANTROPOLOGI MASA KINI